Sabtu, 14 April 2012


Kompas yang Ada di Langit
Telah kita sebutkan bahwa salah satu bintang langit adatah bintang Polaris atau North Star  yang terlihat seperti diam dan tidak ikut bergerak bersama kubah langit  sebagaimana bintang-bintang yang lain. Hal ini disebabkan oleh letaknya yang berada disepanjang poros rotasi bumi dan menempati arah utara geografis. Letak bintang Polaris dikubah langit (celestial sphere) , dapat cepat kita ketahui jika tahu bahwa bintang ini merupakan satu-satunya bintang yang diam, sedangkan bintang-bintang yang lainnya berputar di sekelilingnya setiap hari sesuai dengan rotasi bumi .


"... dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk." (QS An-Nahl: 16)
Gerakanya yang tampak pada kubah lang it (celestial sphere) dan pemandangan zodiac yang berjumlah dua belas sepanjang tahun merupakan akibat dari perputaran bumi di seputar matahari (revolusi).




10. Al-Mar'ah Al-Musalsalah
11.A|-Mutsallats 
12. Al-Haml 
1 3. Qaithas 
1 4. Ats-Tsaur
15. Mumsik Al-A'inah 
1 6. Al-Jauza' 
17. Al-Asad 
18. Al:Adzra' 
1 9. An-Nahr 
20. Al-Jabar:
2 1 . Al-Kalb Al-Ashgar 
22.Tsu'ban Al-Bahr 
23. Al-Bathiyah 
24. Al-Kalb Al-Akbar 

   Seriated Lady
   Triangulum
   Aries
   Cetus
   Taurus
   Auriga
   Orion atau Gemini
   Leo
   Virgo
   River
   Perseus
   Canis Minor
   Serpens
   Tankard
   Canis Mayor atau Greater Dog



Orang-orang dahulu menjadikan bintang Ursa Minor dan Ursa Mayor sebagai petunjuk menentukan letak bintang kutub utara (Polaris). Dengan demikian, manusia dapat menentukan arah yang  sebenarnya, baik ketika ia berada di permukaan bumi maupun di tengah lautan. Hal ini dapat dilakukan jika orang itu menghadapkan pandangannya ke utara atau kearah bintang kutub sehingga arah timur akan berada di kanannya, arah barat berada di sebelah kirinya, dan arah selatan berada di belakangnya. Oleh karena itu, bintang merupakan kompas yang membimbing kita untuk mengetahui arah dan jalan di kegelapan darat dan lautan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar